Membuatkan Dengan Penuh Cinta

Selasa, 15 April 2014

Campuran Logam Emas

Hallo Sobat, ketemu lagi ya di artikel baru ini, sudah beberapa hari ini tidak membuat artikel karena ada kesibukan saya. Ok sobat, sekarang saya mau berbagi artikel lagi nih buat kalian siapa tahu bermanfaat ya. Sobat sudah pernah mendengar kan apa itu logam mulia?  Pastinya sobat sudah tahu ya..!! Bagi yang belom tahu sobat baca terus ya, hehehe... Saya akan menjelaskan lebih detail tentang logam mulia (kadar dan campurannya).

Campuran Logam Emas

Emas merupakan logam mulia yang paling berharga, yang biasa di gunakan untuk bahan perhiasan seperti di buat bahan untuk cincin kawin, cincin berlian, cincin fashion, gelang, kalung, liontin, giwang deelel. Disamping itu emas merupakan Elemen kimia dengan nomor atom 79 yang memiliki symbol Au, berasal dari bahasa latin, Aurum yang artinya bersinar terang.
Asli murni warna emas adalah berwarna kuning mengkilat (fine gold). Perbedaan logam emas murni dengan logam lainnya, klo logam emas lebih lembut di banding logam lainnya, jangan bingung ya sobat. hehehe...
Sobat tentunya pernah mendengar ya cincin kawin emas atau cincin nikah yang dianggap sakral sebagian orang, dan sobat mungkin bertanya berapa sih kadar dan campurannya..?? Sebelum kita melangkah lebih jauh, tentunya sobat ada yang belom tahu ya, apa itu kadar dan campuran emas ..?? Berikut saya akan jelaskan kadar  dan campurannya :
  1. Kadar di sebut juga Karat, ini merupakan satuan ukuran kemurnian yang ada di kandungan emas.
  2. Adonan/Campuran, adalah proses pencampuran 2 logam emas dengan logam yang senyawa dengannya dengan cara di lebur jadi satu, biar menghasilkan karakteristik logam yang beragam.
Kalau ngomong soal adonan, malah inget ibu kita bikin kue ya, hehehe... Oke Sobat, kali ini kita coba membuat bahan emas kadar 750 (18k), tapi sebelumnya kita harus tahu ilmunya sobat, jangan asal-asalan ya, nanti malah jadi adonan kue lho. Hehehe…
Oiy Sobat…  jika kita hendak membuat perhiasan emas untuk cincin kawin atau cincin nikah, sebaiknya kita memilih kadar standar yaitu 70%, 75%, 80%, 85%. Saran , jangan menggunakan kadar di bawah itu ya, karna kawatir mudah berubah  warnanya jadi cepet kusam dan hitam deh... L
Klo sobat membuat cincin emas atau perhiasan emas, sebaiknya jangan menggunakan kadar di atas itu, di samping susutnya banyak,  di pakainya juga kurang nyaman karena memang karakteristik logamnya lunak, mudah tergores dan gampang bengkok/penyok klo jatuh.
Sobat bisa bertanya ke pengrajin perhiasan yang sudah berpengalaman, atau bisa di tanyakan di http://www.pabrikcincinnikah.com/ .
                Sekarang sobat saya anggap sudah tahu Kadar/Karat dan Campurannya, Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut ini :

cincin kawin

Sobat Pelajari ini juga ya, :)


Ini jangan di lewatkan, :)


Semoga Artikel di atas bermanfaat ya sobat, Silahkan tinggalkan pesan yang baik.
Baca juga artikel ini Tips Order Cincin Kawin Atau Cincin Nikah

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts